twitter facebook google plus linkedinrss feedemail

Pages

Rabu, 24 Juni 2015

Kandungan dan Khasiat Bawang Putih.

Kandungan dan Khasiat Herbal Bawang Putih bagi Tubuh.kandungan bawang putih
Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu / rempah dapur adalah salah satu herbal berkhasiat yang digunakan manusia lebih dari ratusan tahun di wilayah Asia. Orang Rusia memanfaatkan bawang putih sebagai antibiotic dan dikenal sebagai “Penisilin Rusia” karena dipercaya mengandung 1/10 kebaikan penisilin. 


Kandungan Nutrisi dan senyawa dalam bawang putih

Bawang putih (bhs Inggris : garlic) yang memiliki nama ilmiah Allium sativum adalah herbal umbi yang rendah kalori, kaya kandungan nutrisi, vitamin C, kalsium serta zat besi. beberapa senyawa penting yang terkandung didalam bawang putih yaitu : 
1. Senyawa Allicin dan Aliin 
Allicin ini merupakan senyawa sulfoksida yaitu suatu komponen biologis aktif yang merupakan zat anti bakteri, mikroba dan jamur yang terkandung dalam herbal bawang putih. Senyawa ini juga terbukti sebagai anti kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung.  
2. Zat Ajoene 
Merupakan zat antikolesterol dan mencegah penggumpalan darah selain itu berkhasiat untuk membasmi berbagai infeksi jamur yang menyerang kulit. 
3. Senyawa Diallyl Sulfida 
Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi sel kanker menjadi karsinogen. Alilpropil-disulfida bersama diallyl sulfida yang terkandung juga berfungsi sebagai anti cacing. 
4. Kalsium 
Ini adalah manfaat bawang putih yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa kandungan kalsium bawang putih efektif menurunkan hipertensi sekitar 7-8% 
5. Saltivine 
Zat ini dipastikan dapat membantu menjaga daya tahan, stamina tubuh dan mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sekaligus sebagai antioksidan yang menghindarkan dan mengeluarkan racun dan radikal berbahaya dari tubuh 

Manfaat / Khasiat Herbal Bawang Putih
1. Bawang Putih Sumber Anti Virus/Anti Bakteri/ Anti Mikroba/ Anti Cacing Dan Antioksidan Yang Sangat Ampuh 
Khasiat utama dari bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh. 
2. Bawang Putih Herbal Alami Bagi Penderita Diabetes.
Bawang putih berkhasiat mengontrol kadar gula dalam darah dengan meningkatkan kadar insulin pada penderita diabetes. Sehingga sangat cocok sebagai obat alami bagi yang mengalami penyakit atau gejala diabetes. 
3. Bawang Putih Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL) 
Salah satu kehebatan lain dari herbal bawang putih ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%  sehingga menghindarkan resiko penyakit jantung. 
4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
5. Mengatasi Flu dan Mengencerkan Lendir 
Kandungan senyawa germanium dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki dan memulihkan fungsi dari T Sel. 
6. Bawang Putih Efektif Untuk Kecantikan Kulit 
Bawang putih mampu membersihkan komedo, mengobati jerawat dan menghilangkan noda bekas luka 
7. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer 
Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan pada bawang putih, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia. 
8. Bawang Putih Dapat Memangkas Berat Badan 
Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih berkhasiat menghambat terjadinya proses pembentukan lemak (inflamasi) ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan. 
9. Bawang putih mengobati Sakit Gigi 
Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda. 
10. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi 
Bawang putih dapat meningkatkan produksi Ferroportin yaitu protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. Dengan dukungan senyawa ini metabolisme zat besi dalam tubuh meningkat ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan. 
11. Meringankan rheumatik dan mempercepat penyembuhan patah tulang.
12. Menyembuhkan wasir dan sembelit. 
Demikian kandungan dan manfaat herbal bawang putih untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar