twitter facebook google plus linkedinrss feedemail

Pages

Rabu, 24 Juni 2015

Apa itu Herbal??

Pengertian dan Sejarah Herbal
Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif. (https://id.wikipedia.org/wiki/Herbal)



Menurut definisi Merriam Webster, herbal adalah " tanaman atau bagian tanaman yang bermanfaat untuk obat, menambah rasa, atau kualitas aromatik ". Untuk memperluas definisi ini, herbal juga banyak digunakan untuk membahas tentang nilai gizi atau kandungan vitamin dan mineral alami mereka.

Seiring berkembangnya peradaban, herbal juga mencangkup hewan maupun produksi turunannya. Herbal murni diambil dari saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia sintetis. Herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) bisa didapatkan dari umbi, daun maupun buahnya misalnya jahe, bawang putih, kumis kucing, daun dewa, mengkudu, kurma, dsb. Yang berasal dari hewan (hewani) diantaranya teripang, cacing tanah, madu, minyak ikan hiu, dsb.


manfaat buah herbal

manfaat rempah bumbu herbal

manfaat daun herbal

manfaat hewani herbal

manfaat umbi herbal

Sejarah mencatat bahwa herbal digunakan awal oleh bangsa Sumeria dan Mesir sekitar 1000 SM. Buku herbal dari Cina tahun 200 SM mencatat 365 tumbuhan obat dan cara menggunakannya. Literatur juga menunjukkan bahwa bangsa Yunani dan Roma menggunakan campuran rempah, binatang dan mineral untuk pengobatan yang kemudian menjadi inti pengobatan herbal barat di kemudian hari.
Pada tahun 400 Masehi Dioscorides membuat catatan berisikan lebih dari 500 jenis tanaman herbal yang mencadi acuan pengobatan di abad 17.
Dengan adanya tulisan bangsa Yunani dan Roma kuno mengenai pengobatan semakin mendukung berkembangnya ahli herbal. Diantara yang ikut berkembang adalah apa yang mereka sebut ”wise woman”, wanita yang juga memberikan ramuan jamu selain mantra dan jampi- jampi. Salah satu wanita paling terkenal di dalam herbal adalah Hildegard dari Bingen, biarawati benediktin dari abad ke duabelas, dia menulis buku yang berjudul Causes and Cures.

Pada abad 11 mulai berkembang sekolah medis herbal yang mengajarkan sistim Galen. Herbal pada abad ini berkiblat pada bangsa Arab yang lebih maju di dalam ilmu pengetahuan dibandingkan Eropa. Karena mempunyai budaya perdagangan, Arab mempunyai akses untuk menanam tanaman yang berasal dari tempat-tempat yang jauh seperti China dan India. Terjemahan pengobatan klasik tentang medis dan herbal kemudian diterjemahkan dari timur (Arab) ke barat (Eropa).
Abad 15 sampai 17 adalah masa perkembangan yang besar bagi dunia pengobatan herbal, banyak buku tersedia pertama kali di dalam bahasa Inggris selain Latin atau Yunani. Pada Abad ini diterbitkan ratusan buku mengenai herbal setelah ditemukannya penemuan tentang teknik percetakan pada awal abad 15. Historia Theophrastus Plantarum adalah salah satu dari buku yang pertama dicetak dan setelah itu dilanjutkan dengan De Materia Medica dalam bahasa Yunani.
Buku Herbal yang pertama kali diterbitkan di dalam bahasa Inggris adalah Grete Herball pada tahun 1526. Buku Kedua yang terkenal di dalam bahasa Inggris adalah The Herball atau General History dari Plants (1597) oleh Yohanes Gerard dan The English Physician Enlarged (1653) oleh Nicholas Culpeper. 
Buku Gerard pada dasarnya adalah suatu terjemahan dari buku karangan Dodoens, ahli herbal dari Belgia dan ilustrasi nya datang dari cara bangsa Jerman bekerja dalam hal penanganan tanaman. 
Era eksplorasi dan penjelajahan seperti yang dilakukan Columbus memperkenalkan tumbuhan obat herbal baru dari daratan Asia dan Amerika kepada Eropa membuat pengobatan herbal semakin berkembang di dunia pengobatan alami. 

Diatas tadi adalah pengertian dan sejarah herbal menurut beberapa literatur yang penulis baca.

0 komentar:

Posting Komentar